Minggu, 30 Agustus 2015

Passion-mu Bisnis-mu

Assalamu'alaikum

Long time no post yaa .. hehehe
Ngerasa bersalah disini banyak banget utang posting walaupun mungkin gaada yang baca. Tapi ini ceritanya lagi URGENT dan harus di share supaya bisa sama-sama dapet pahala-nya dan dapet berkahnya. aamiin

Semalem ceritanya lagi ikut perjalanan tour Semarang - Purwokerto - Semarang selama SATU HARI. Alhamdulillah dapet juga nih flu dan merindukan kasih sayang alias meriang #malahcurhat. Beberapa waktu yang lalu aku follow akun @PengusahaKampus di @ line. Suka sama timeline-nya dan akhirnya gabung. Setelah itu tau bahwa ternyata ada kelas pengusaha gitu. Kemudian sekitar 4 hari yang lalu aku ketinggalan dan kemarin siang ada kesempatan buat ikutan dengan cara penuhin semua syarat yang dibuat sama akun tersebut. Cas cis cus gak pake lama aku kirimin semua bukti yang aku punya bahwa aku udah memenuhi syarat buat ikutan ngobrol bisnis tentang PassionPreneur.

Ting tung..

Ada notif dari @PengusahaKampus dan yang aku tunggu datang. Aku bisa ikutan ngobrol bisnis secara GRATIS tentunya. Hmm .. gak muna kan sapa sih yang mau ilmu mahal tanpa ngeluarin duit *otak gratisan*. Setelah join akhirnya aku tau bahwa aku salah masuk, bahwa ternyata yang ikut itu rata-rata anak kuliahan dan memang sebenarnya sasarannya anak kuliahan. Lalu berfikir sejenak dan yang terlintas "Ah, bodo amat. Ilmu mah semua usia. Lagian umur masih pantes buat anak kuliahan, seumuran pula sama motivatornya. Lagian baru lulus taun lalu" *maksa* *pembenarandirisendiri*

Oke, sekilas basa basi dari aku dan inilah puncak acara maha karya *ngigau* simak baik-baik yaa ~

Nama saya Edvan M Kautsar, kelahiran Tasikmalaya 2 Juni 1993.
Alhamdulillah saya memulai karier sejak usia 14 thn (2smp). Menjadi seorang motivator. Dan alhamdulillah hingga saat ini aktifitas saya menjadi motivator dan Allah berikan kesempatan berbagi di seluruh Indonesia, singapura, malaysia, dubai dan madinah. Disisi lain saya juga berwirausaha, berkuliah (sedang menyusun skripsi) dan menulis buku.
Lengkapnya bisa ditonton disini https://youtu.be/DSESuwTv5Dw

Sekarang mohon izin dengan segala kerendahan hati saya akan sharing tentang "Sukses Menjadi Passionpreneur". Passionpreneur adalah gabungan dari Passion dan Entrepreneur. Sukses dan bahagia adalah impian setiap orang. Sayangnya banyak orang yang bingung langkah pertama apa yang harus ditempuh untuk meraih kesuksesan. Lebih banyak lagi orang yang memilih beralasan karena tidak memiliki modal untuk sukses. Padahal, setiap orang sudah memiliki modal besar untuk meraih impiannya. Modal besar itu dinamakan Passion.

Passion.
Passion adalah, suatu energi dari dalam diri yang akan membuat kita menjadi lebih semangat menjalani hidup dan membuat aktif bekerja. Setiap orang memilik passion masing-masing. Passion bisa dikatakan sebagai sebuah panggilan jiwa untuk mengerjakan sesuatu yang kita cintai.

Dengan passion, kita akan selalu merasa senang dan bersemangat melakukan sebuah pekerjaan. Jika sudah menemukan apa passion kita, maka bangunlah karier dengan maksimal dan teruslah berfokus menggali potensi diri di bidang sesuai passion kita itu. Sayangnya tidak banyak orang yang berhasil menemukan passionnya, hingga banyak orang berpindah-pindah kerja karena tidak nyaman dengan pekerjaannya, atau berubah-ubah bidang bisnisnya karena tidak berbisnis sesuai dengan passion.

Mengapa kita harus mengetahui passion dan berkarier sesuai passion?
1. Passion akan membuat kita selalu nyaman.
2. Passion akan membuat kita selalu termotivasi untuk mencapai kerja optimal.
3. Passion akan membuat kita bahagia!

Pekerjaan yg kita lakukan dengan bahagia, akan melahirkan sebuah energi tidak terbatas dan menjadi sebuah bahan bakar untuk mencapai kesuksesan. Sekarang apa yang terjadi jika kita berkarier dan berwirausaha sesuai passion? 

Kita akan selalu mencintai apa yg kita kerjakan, Hal ini akan membuat Kita BAHAGIA. Kalau sudah bahagia menjalani pekerjaan/usaha, maka pasti akan selalu SEMANGAT. Kalau selalu SEMANGAT, maka pekerjaan/usaha kita akan bisa dikerjakan dengan baik bahkan sangat baik. Kalau sudah mengerjakan bidang tersebut dengan SANGAT BAIK, maka kita menjadi orang yang handal (EXPERT). Kalau sudah EXPERT, maka kita akan mendulang banyak PRESTASI. Kalau banyak prestasi dan expert, uang akan mengejar-ngejar kita. Dan kalau sudah dikejar uang, maka kita sukses dunia akhirat. Karena bisa menyibukan diri utk ibadah dan dikejar2 uang. Hehehe

Nah bagi anda yang belum tau apa passionnya, maka sekarang tanyakan pada diri kita.
1. Kegiatan apa yang sulit bagi orang lain dan mudah untuk kita?
2. Kegiatan apa yang selalu ingin kita kerjakan dan lakukan berulang-ulang?
3. Kegiatan apa yang seringkali membuat kita lupa waktu jika mengerjakannya?

Jawaban kita bisa beragam. Ada yang menjawab mendengarkan musik, menonton film, tidur, baca buku, nulis, jalan-jalan, makan dan masih banyak lagi jawaban anda mengenai passion. Saya misalnya akan menjawab, 'berbicara'. Karena kalau sudah berbicara/ngobrol kadang saya lupa waktu bahkan bisa shubuh ngobrol dan berdiskusi dengan rekan dan teman. Akhirnya saya pun memilih untuk berkarier di bidang public speaking. Membangun perusahaan di bidang public speaking. Dan membantu orang lain melalui bidang ini agar bisa membantu perusahaan dan organisasi mereka bisa bertumbuh. Hal ini tentunya menjadikan passion saya menjadi bermanfaat bagi orang lain. Saya pun bahagia menjalaninya, selalu sepenuh hati mengerjakannya, selalu ada ide baru karena saya senang menjalaninya, walaupun jadwal terkadang padat tanpa ada jeda istirahat, itu bukan masalah karena saya bekerja semata-mata menjalankan hobi yang benar-benar saya sukai.

Jadi, segera temukan passionmu! Jangan hanya bekerja dan berbisnis sekedar mencari uang. Tapi bekerja dan berbisnislah sesuai passion, maka kita akan bahagia menjalaninya, inovasi dan kreatifitas akan muncul, kita akan selalu semangat, akhirnya menjadi jago alias expert di bidang itu. Hingga akhirnya kita bisa sukses dan uang akan mengejar orang-orang yang handal (expert)!

Saya akan akan mengajak anda untuk bisa meraih sukses sejak muda dengan bermodalkan passion. Dengan kata lain menjadi seorang PASSIONPRENEUR alias menjadi ENTREPRENEUR sesuai PASSION!

Tinggal bagaimana kita mengganti kata Passion dengan hal yang menjadi passion kita yang betul-betul kita cintai! Siapakah dirimu? Writerpreneur? Hijabpreneur? Entrepreneur? Teacherpreneur? Mompreneur? 

Caranya ada 4 langkah:
1. Temukan PASSION!
2. Tentukan VISION!
3. Urutkan MISSION!
4. Jalankan, ACTION!

Contoh:
Ini adalah langkah awal saya di usia 14 tahun membangun usaha di bidang public speaking.

Passion: Berbicara
Vision: Menjadi Motivator Terbaik yang bermanfaat untuk seluruh manusia.

Mission:
1. Belajar Menjadi Pembicara
2. Buat modul (slide)
3. Menulis Buku
4. Membuat website pribadi http://edvanmkautsar.com
5. Membuat proposal penawaran training/seminar
6. Bekerjasama dengan EO untuk membuka kelas umum.

Langsung Action = dieksekusi satu persatu.

Apakah perlu modal banyak? Tidak!
Yang perlu saya lakukan pertama kali hanya berlatih dan berlatih menambah jam terbang sambil mencari pengalaman. Alhasil alhamdulillah di usia 15 thn memberikan pelatihan pada 300 orang guru se-priangan timur. Setelah itu kemudian mendapat award pada acara entrepreneur festival sebagai "Motivator Termuda ASIA" karena memulai sejak 14 tahun.

Setelah itu mulailah undangan berdatangan, mulai dikejar uang karena menjalankan usaha dengan modal passion alias sesuatu yang kita cintai dan gue banget. Kemudian, uang yang saya dapat tidak begitu saja saya konsumsi melainkan saya investasikan. 16 thn bergabung di bisnis MLM, Hingga berhasil mendapat passive income tiap minggunya. Tapi saya merasa saya banyak merugikan downline. Karena saat saya tidur pun uang mengalir dan mereka yg dibawah saya yg bekerja Akhirnya saya putuskan berhenti MLM.

Usia 17 tahun mulai berbisnis batubara di sintang kalimantan barat. Yang saya lakukan adalah menjadi perantara menjual lahan batubara. 9Milyar saya targetkan waktu itu. Tapi alhamdulillah gagal dan rugi secara finansial.

Tapi saya bilang Ya Allah saya rugi soal uang, tapi tidak soal ilmu, pengalaman dan pengetahuan tentang usaha. Saya pun mulai berkenalan  dengan Pak Helmi Yahya, Pak Tanri Abeng dan Kang Teddy Snada serta banyak pemain batubara yang mana saya belajar pada mereka.

Akhirnya gagal batubara, tidak membuat saya menyerah begitu saja. Sambil terus memberikan training dan seminar, saya pun mencoba untuk ikutan syuting film. Bermainlah pertama kali di film Kentut karya Deddy Mizwar. Tapi gagal jadi pemeran utama. Coba lagi audisi di tendangan dari langit dan berhasil jadi finalis serta ikut bermain di filmnya. Tapi tetap belum jadi pemeran utama.

Akhirnya bermodalkan uang yang saya dapat dari passion (training). Berusaha tetap bermindset entrepreneur. Gagal terus jadi pemeran utama. Akhirnya saya kumpulkan modal, cari sutradara, kameramen dan kru film. Saya buat production house di usia 17 tahun dan kemudian menjadi produser. Karena saya produsernya, akhirnya saya tunjuk diri sendiri sebagai pemeran utama di film tersebut. Hehehehe akhirnya cita2 jadi pemeran utama tercapai!

Tapi berakting tidak memuaskan batin saya. Karena akting bukanlah passion saya. Akhirnya saya kembali fokus di bidang "ngomong". Membangun golden ide corporation. Menjadi owner dan direktur di usia 18 thn. Namanya PT. Ide Emas Gemilang. Alias golden ide dengan produk andalan echating. Selain echating produk kami juga ada ecc. Entrepreneur Character Consulting, dmn kami menawarkan program ekskul ke kampus2 dgn mengajar entrepreneurship dan karakter. 
Alhasil saya menjadi dosen di beberapa kampus di jakarta pd usia 18thn tsb dan mengajar mahasiswa semua tingkat. Tepatnya ketika saya kuliah semester 4 di UIN Jakarta. 2012 usia saya menuju 19 thn. Allah telah berikan saya rumah, mobil, motor tanpa uang orangtua.

Di akhir 2012, Allah ambil lagi semuanya, 6 usaha saya bangkrut. Rugi besar. Rumah disita, mobil diambil leasing ditengah jalan, hingga saya kembali menjadi seperti pertama kali saat datang ke Jakarta. 
Tidak punya rumah, tidak punya kendaraan dan pindah2 kost-an teman karena pada saat masuk kuliah 2011. Ortu sedang terpuruk secara ekonomi. Ya saya kembali seperti itu. Kembali naik angkot dan busway, bawa proposal buat jual diri, eh jual passion. Ternyata dibalik kesulitan ada kemudahan.  2013 awal saya di hire oleh travel umroh untuk menjadi leader umroh. Tepatnya saat berusia menuju 20thn. Saya bilang Ya ALLAH izinkan saya bisa bermanfaat kepada banyak orang. Menjadi sebaik2 hambaMu yang bermanfaat bagi semesta.

Dan membahagiakan kedua orangtua serta berperan dalam kebangkitan islam. Sesaat setelah diminta untuk leading umroh. Saya diundang ke Dubai, Singapore dan Malaysia. Pulang umroh, Allah berikan lagi amanah. Saya memulai utk berwirausaha di bidang kuliner. Dibangunlah Kautsar Dimsum. Ada yg pernah makan di Kautsar Dimsum? Pertengahan 2013 Kautsar Dimsum sudah menyebar ke 15 titik di Jabodetabek. Omzet kami di akhir tahun 1,3 Milyar lebih.

Saya mulai kembali membangun kehidupan. Eh awal 2014, internal kami kisruh, ternyata tidak semua teman bisa dijadikan partner. Usaha kami pun mulai goyang. Saya kecolongan usaha saya ini ternyata banyak bocor dan bocorrrr. Utang usaha di mana-mana. Terakhir sebelum lunas utang saya sekitar 400juta. Dan partner 3 orang lagi. Tidak mau ikut bertanggung jawab.

Setiap hari ditelponin, dikejar debt collector. Kemudian saya mulai menutup satu persatu outlet kami. Dan merubah sistem, yg tadinya jual retail jadi supplier ke restoran2 dan hotel. Lalu saya mulai menutup satu persatu outlet kami. Dan merubah sistem, yang tadinya jual retail jadi supplier ke restoran-restoran dan hotel. Alhamdulillah ekonomi kembali membaik. Utang Allah berikan jalan utk lunas. Asal kita yakin dan percaya Allah akan menolong kita dan memberi jalan keluar. Akhirnya Kautsar Dimsum tidak lagi dijual untuk umum.

Saya pun bisa menjalankan sistem kuliner tersebut sambil terus fokus kembali total berkarier menjadi passionpreneur. Menjadi public speaker. Ternyata memang ini passion saya. Setelah saya mencari kesana kemari, dibanting ini dan itu. Ternyata hal yang membuat saya selalu semangat adalah menjalankan passion saya sebagai motivator.

Kini setiap hari undangan berdatangan ke Kautsar Training Management Teman-teman bisa melihat aktifitas saya di instagram @edvanmkautsar. Semester 6 saya memutuskan utk menikah hehehe. Dengan seseorang yang juga memiliki passion sama dgn saya, ngomong. Istri saya host di Damai Indonesiaku Tvone.

Ketemu saya di MNC TV. Dia menjadi host dan saya menjadi narasumbernya. Ternyata satu kampus dan satu fakultas di UIN Jakarta. Bahagianya menikah dengan orang yg memiliki passion sama adalah membuat kita punya banyak kesamaan. Kita pun bersinergi dunia akhirat. Membangun perusahan di dunia training dan seminar.

Sesi Tanya Jawab

Tanya :
Arief _depok_ clothing 
Gmana caranya abang bisa bagi waktu dengan kegiatan yang super banyak waktu jalanin dimsum? Dan gimana cara mengatasi tekanan depkolektor + utang utang? 

Jawab :
Oke Bro Arief, saya mencoba membuat skala prioritas.
Mana yang harus saya dahulukan dan memiliki efek besar dalam waktu dekat serta akibatnya jika tidak dikerjakan/ditunda. Kemudian soal dimsum, sebagai pengusaha yg tdk sesuai passionnya. Saya mencoba untuk melibatkan orang yang memang passionnya disitu 4 orang tim saya terdiri dari orang yang doyan masak, dimana dia seakan sesak nafas kalo gak masak walau sehari. Yang kedua adalah orang yang emang seneng ngitung duit. Dia saya jadikan orang keuangan. Yang ketiga adalah orang yang rada ngeboss dan suka ngatur, saya tunjuk jadi manajer. Yang keempat saya sendiri, yang banyak ide dan inovasi dan seneng mengeksekusi, tapi kurang suka me-manaje.

Alhamdulillah karena bagi tugas pekerjaan ringan. Saya kuliah 3 hari seminggu, kontrol usaha 2 hari, training dan seminar 2 hari. Ini ketika Kautsar Dimsum masih jual retail. Menghadapi utang saya mencoba tenang. Ketika ditelpon saya tidak menghindar dan memberi penjelasan. Jangan matikan HP atau kita akan dapat masalah yg lebih besar. Selanjutnya coba benerin ibadah, perbanyak Dhuha dan Tahajud. Minta tolong dan berserah diri sama Allah.

Saya melunasi utang tidak semua dengan uang. Ada yang tuker utang sama outlet resto, ada yang sama gerobak dan peralatan dari outlet yang booth, ada yg ternyata di perjanjian MOU ada klausul mengatakan bahwa jikaa terjadi A maka masing2 pihak bersedia utk menanggung bersama. Allah bayar utang kita tidak selamanya dengan uang, percaya deh.

Tanya :
Assalamualaikum nama saya wulan dari Medan. Saya ingin bertanya,
1.    Apa latar belakang / kekuatan terbesar kakak utk terus bertumbuh dibalik segala cobaan yg sudah dilalui?
2.    Kaka memulai utk bekerja sejak muda, apakah pernah merasa Capek atau jenuh? Lalu bagaimana cara utk meringankannya?

Jawab :
Saya memiliki prinsip, hidup ini terlalu singkat untuk menjadi orang biasa. Saya harus menjadi luar biasa. Saya juga ingin sukses sejak muda dan bermanfaat bagi banyak orang serta membahagiakan ortu. Hal ini tidak akan terjadi jika saya santai-santai dan menyerah hanya dengan keadaan yang ada. Dan saya yakin bahwa ujian yang Allah berikan pasti sesuai kemampuan kita.
Tiap kali saya gagal, justru menjadi portofolio saya untuk bisa saya ceritakan saat kelak saya sukses dan setiap kepedihan itu akan menjadi kenangan yang indah saat nanti saya menikmati kesuksesan dunia akhirat.

Capek sering, jenuh jarang banget. Tapi mungkin pernah cuma saya lupa. Hehehe. Saat saya menjalankan passion ini (ngomong) saya seneeng dan bahagia. Justru kalo sehari gak seminar dan training saya merasa ada yg kurang. Jadi saya selalu merasa ringan karena memilih jalan karier dan usaha dibidang yg memang saya cintai.

Do what u love and love what u do. Nikahi ysng kamu cintai dan cintai yang kamu nikahi. :p

Tanya :
Aulia mahasiswa jakarta bisnis online
1.    Siapa yg mengarahkan bisnis diumur yg sangat muda tersebut?
2. Apakah ka edvan punya banyak link sehingga bisa masuk di banyak lini bisnis? bagaimana caranya?

Jawab :
Ada beberapa mentor bisnis, walaupun berganti2 seiring berjalannya waktu. Namun ayah saya seringkali mengatakan. Jangan pernah berpikir untuk bekerja pada orang lain. Tapi berpikir untuk mengajak orang lain utk bekerja pada kita. Tapi kenapa saya berkarier/berbisnis sejak 14 tahun sebetulnya lebih karena tekanan hidup. Orangtua bangkrut, rumah dijual, uang gak punya, ayah saya kena musibah lalu lintas dan berakibat munculnya banyak masalah lain. Sehingga saya berpikir untuk tidak merepotkan orangtua. Ditambah waktu usia 14 taun saya ikut ESQ. Dan mindset saya berubah 180derajat utk bisa sukses sejak muda jadi pembicara. ;)

Link bisnis sebetulnya tdk banyak saya miliki. Tapi saya berusaha untuk banyak silaturahim. Betul2 membuka jalannya rezeki. Baru kenalan sama orang baru saya berusaha membuat dia merasa jadi orang penting dihadapan kita. Eh ternyata orang orang itu gak la diundang makan dama dubes jepang. Alhasil saya makan sushi sampe kenyang dirumah dubes jepang utk indonesia dan kenalan dama dalton tanonaka. Itu contohnya.

Ketika ada peluang berusaha cepat saya ambil. 

Contoh 1:
Lionel Messi sejak kecil senang sekali bermain bola. Orangtuanya sadar bahwa itu adalah passionnya. Kemana2 bawa bola, tidur sama bola, sekolah sambil menggiring bola, bagi dia bola adalah teman.

Akhirnya dimasukan lah sekolah bola di argentina. Wow ternyata berprestasi. Hingga dikirim ke Catalan barca U18. Disana dia terus berlatih bola. Saking sukanya dengan bola, saat orang lain tidak latian karena hujan/panas. Dia tetap berlatih. Akhirnya jam terbang meningkat dan semua jatah gagal dia habiskan saat latian. Sekarang berkali-kali dia menjadi pemain trbaik dunia!

Contoh 2 :
Mike Tyson passionnya adalah mukul orang. Dia sangat puas dan bahagia jika memukul sesuatu. Dia pernah mukul orang sampe mati, mukul tembok sampe roboh. Akhirnya masuklah dia berkarier di dunia tinju. Kini dia menjadi salah satu legenda tinju.

Michael jackson pun demikian, suka menyanyi dan menari kemudian mengkolaborasikannya. Dia pun sukses menjadi legenda. Apa yg terjadi jika michael jackson dipaksa ortunya jadi petinju dan mike tyson jadi penyanyi? Akankah kita mengenal mereka hari ini?

Contoh 3:
Asma Nadia passionnya adalah menulis. Akhirnya berjanji utk menulis buku dgn jumlah buku yg lebih banyak dari usianya. Kini usianya 40an dan jumlah tulisannya sudah lebih dari 50an buku. Sukses mendapatkan uang dari tulisannya. Dia membangun usaha dibidang penerbitan buku. Dia pun sukses menjadi penulis terkenal indonesia dan menjadi writerpreneur.

Membangun banyak usaha dengan modal passion dan nol rupiah. Di seminar sering yg nanya: 
-       passion saya berbeda dgn jurusan, saya hrs gimana?
-       passion saya beda dengan usaha saya, solusinya gmn?
-       passion saya tidak disukai sama ortu. Saya hrs gmn?

Caranya adalah gabungkan passionmu dengan jurusanmu itu. Contoh, kuliah jurusan ekonomi, passionnya nulis. Jadi apa hayooh?

Atau passionnya fotografi, tapi usahanya fashion.   Ngapain hayooh? Langkah pertama jadi passion preneur banyak kan? Hehee

Tp kalau passion kita kurang disukai ortu bagaimana mas? Padahal positive.
1. Ajak ortunya diskusi. Ingat DISKUSI. Bukan DEBAT apalagi DEMO!
2. Hasilin profit yg gede, tunjukin ke ortu bilang. Ma pa aku siap bahagiain kalian dgn ini :)
3. Ajak orangtua melihat progress dan proses yg akan kita tempuh.
4. Berikan prestasi

Apa sih tujuan hidup kita yang sesungguhnya? Untuk apa sih kita kuliah? Usaha? Berkarier? Menikah?

Kita mungkin jawab kuliah buat dapet kerja trus buat dapet uang, trus buat dapet rumah trus buat nikah dan beli kendaraan trus buat ibadah trus buat masuk surga trus buat ketemu Tuhan. Terus ketemu tuhan buat apa?

1 kata, BAHAGIA

Kerja buat bahagia, nyari duit biar bahagia, nikah biar bahagia, balas kebaikan ortu biar bahagia, usaha biar bahagia, masuk syurga biar bahagia, ketemu Allah biar bahagia. Segala hal yang kita cari sebetulnya karena kita ingin bahagia!

Ada yang gak mau Bahagia? Hehehe
Nah kalo dengan jalanin passion kita bisa bahagia dengan ada atau tidak adanya uang, kita bisa bahagia hanya karena menjalaninya. Kenapa kita menjalankan usaha/karier yg gak sesuai passion?

Tinggal bagaimana kita membuat sesuatu yg kita sukai bisa bermanfaat utk orang banyak. Bill gates passionnya ngotak-ngatik komputer, jam terbangnya pun terus meningkat karena dalam 1 hari 8 jam dia habiskan ngulik Komputer. Kemudian dia jadikan produknya bermanfaat bagi banyak orang. Liatlah, segala sesuatu disekitar kita pasti dibuat dgn melibatkan komputer/produk microsoftnya bill gates.

Betapa dia bermanfaat bagi sesama. Akhirnya produknya laku keras karena banyak manfaatnya. Janji Allah pun terjadi padanya. Sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bagi sesama. Dia menjanjikan kesuksesan bagi siapa yg hidupnya bermanfaat. Berhasil lah bill gates jadi orang terkaya di dunia berkali-kali.

Naah, kalo passion dan produknya ingin mahal. Maka perbanyaklah manfaatnya bagi sesama. 

Om mario teguh 1 jam ngomong dibayar 110jt. Kenapa kok bisa?
Karena setiap kata yg keluar dari mulutnya setiap minggu bermanfaat bagi semua penonton dari sabang hingga merauke. Semakin bermanfaat seseorang, semakin mahal harganya di hadapan manusia! Temukan passionmu, gali manfaatnya, lakukan sekarang juga dan berbahagialah!

Edvan M Kautsar
Young Motivator - Entrepreneur - Book Writer


Credit from grup line Ngobrol Bisnis PassionPreneur :) Mau join ? kontak aku bisya nanti aku laporin ke mimin-nya (red-admin) Semoga bermanfaat yaa ~~

Sabtu, 21 Februari 2015

[Part 1] Februari Penuh Meet Up

Hai, kenal aku ?
Kalo nyapa orang terus gak kenal sama aku atau dicuekin.
Ya, disitu saya merasa sedih :(
#apaandeh.

Wah, hari ini mulai nyapu-nyapu blog, menata kembali kehidupan blog yang sudah gelap, dan menata tempat tidur biar enak buat dibobokin :3 Tahun ini tepatnya 2015 di bulan Februari syukur teramat sangat diucapkan untuk Allah yang telah mempertemukanku dengan teman-teman tercinta. Setelah lama tak berjumpa akhirnya bisa bertemu lagi walau harus keluar duit dari kantong yang mulai kehausan minta diisi duit lagi #kantongnyamatre

Diawal bulan ini tepatnya 7 Februari 2015 Alhamdulillah masih bisa ketemu sama sahabat kuliah yang satu ini. Jang jang jang .. myunn ..
gak afdol kalo foto gak pake gaya tangan beginih

da aku mah apa, ga sadar kalo udah di pencet tombol fotonya :(
Dia ini udah move lebih jauh dari aku. Sekarang dia lagi mencari sepeser uang di Jakarta dan aku masih setia di Semarang walau sebenernya rumahku juga gak masuk Semarang. Padahal sih ya perbatasan kurang lebih 100 meter di depan mata. Kalo aja bisa ngangkat ini rumah terus di pindah diperbatasan ya gak bakalan cukup tempatnya gara-gara udah dipake duluan sama pabrik kayu sama rokok :( #kemudiancurhat.

Namanya Runa, pasti udah pada tau kalo udah stalking socmed atau pun artikel lawasku #pentinglho. Ditemuin pas jaman nyari pleton buat LDK dan disitu kita jadi tambah akrab karena guling-guling bareng. Rencana awal sebelum hari H ketemu adalah KULINER tapi kenyataannya jalan-jalan di mall aja sambil gatau mau ngapain. Kenapa gatau ? Karena di mall gaada gratisan. Coba aja kalo teh tingtong, pizzu hits, sama soleram gratis ya pasti kita samperin lah #berusahahemat #bukannyangirit #bukannyagakmodal.

Pagi itu sekitar jam 9, dengan rasa tak bersalah yang awalnya ketemu jam 10 pagi sambil nunggu mall buka harus diundur jadi jam 11 pagi menuju siang. Ya rencana hanyalah rencana. Dengan kebiasaan aku yang suka molorin kolor sendiri akhirnya berpengaruh sama prinsip waktu yang aku punya. Iya, kolor eh molor berangkatnya karena melaksanakan kewajiban dulu yaitu nyapu rumah yang bersih biar suamiku engga brewokan.

Meet up kami akhirnya berjalan sesuai waktu molor. Aku yang takut nyampenya telat ternyata malah duluan karena rumahku emang lebih deket daripada rumahnya Runa yang di pucuk gunung. Daripada buang-buang waktu nunggu sambil melamun lebih baik mampir di gramedia, tempat yang udah lama engga aku kunjungi. Tapi maaf belum sempet beli, nanti aja yaa nunggu gajian walau gatau siapa yang mau kasih aku gaji bulanan. . Nikah juga belom #curhatlagi -.-

Detik berganti menit akan tetapi sebelum berganti jam, tiba-tiba Runa muncul entah darimana. Dia berhasil menemukanku yang lagi khusyuk membaca buku craft. Kita memulainya dengan bertatap muka lalu bersalaman tanpa menanyakan kabar karena udah tau kalo dia sehat-sehat aja. Alhamdulillah. Oiya, dibelakang kita ada bapak-bapak yang sebelum Runa datang udah gosip duluan dan sebenarnya aku gak khusyuk baca tapi nguping apa yang bapak-bapak itu bicarakan. Iya, sapa tau dapet berita bagus biar bisa dibikin tulisan di blog. Sesudah Runa datang, berkatalah salah satu bapak, "Cipika cipiki ddong .." -__- #kemudian ditinggal kabur

Setelah dari gramedia kita kehilangan arah dan tak tau akan kemana. Turun dari lantai 2 ke lantai satu lalu turun ke lantai dasar sampai akhirnya kita kelaparan. Ditengah keadaan itulah kita bingung menentukan pilihan dan akhirnya naik lagi ke lantai satu lagi buat nyari makanan yang enak. Dan akhirnya di pilihlah sebuah resto yang salah untuk dikunjungi. Agak rugi tapi ya gakpapalah kan makannya mendahulukan doa lalu makan daripada foto duluan *edisisyariah*

Selesai sudah makan mie ayam keriting, es soda tidak gembira dan acara ngobrol kesana kemari. Kita pun keluar dari sana dengan perut kenyang dan turun lagi ke lantai dasar. Hampir menuju pintu keluar tapi bibir masih tak sanggup untuk mengucapkan kata berpisah dan mata masih ingin melihat sahabat yang lama tak ku jumpai selama beberapa bulan. Keputusan dari hati adalah memilih naik lagi sampai akhirnya nongkrong cantik di teh tongji. Dia beli es teh dan aku beli roti bakar karena bawa air putih sendiri jadi kalau mau traktir dia lebih hemat #Oohgitualasannya -__-

Selagi menunggu pesanan datang, kami mencari tempat duduk. Ditemukanlah tempat duduk couple yang sebenarnya lebih enak didudukin buat pasangan yang udah di-sah-in di depan penghulu. Disitulah kita ngobrol lagi kanan kiri mulai dari hal yang udah pernah dibahas sampai hal-hal yang gak penting. Alhamdulillah banget kita masih bisa ketemu walau dalam rentan waktu yang lama. Kalo soal LDR beda banget sahabat sama pacar. Kalo pacar kadang walau satu kota masih aja susah ketemu, tapi kalo sama sahabat bisa yang ngebet ketemu tanpa bilang kangen dan bener-bener diusahain sepenuh hati.

Piring yang tadinya terisi roti bakar berhasil di transfer lewat bluetooth ke perutku dan minuman yang aku bawa dari rumah pun bocor. Aaah, walau rasanya belum cukup tapi kita pun mengakhirinya dengan alhamdulillah dan pulang dengan selamat naik angkot kesayangan kita masing-masing. Bubyee .. See you next time, nyuu <3 p="">
Part 2 nanti mau cerita yang tiap minggunya ketemu sama anak KK -.- heuheu

Sabtu, 03 Januari 2015

Tuspin Murah :)

Haii mba sist, jualan lagi ahh yaa. Walau udah ganti taun 2015 tapi tetep aja kalender di rumah masih dikuasai kalender 2014. Siapa nih yang nasibnya samaan masih pajang kalender 2014 ? hayoo ngaku .. belum move on yaa :p

Ah,sudahlah taun gini bahasnya gak move on lagi dong tapi gimana caranya berkembang dan bersikap mandiri. Ciee .. 

Kali ini ada tuspin bunga yang unyu-unyu pastinya dengan harga murah. Cuman 1500 - 2000/ pcs kamu udah bisa dapetin yang kayak gini .. 


Price 1500/pcs
 selain gambar yang diatas, price : 2000/pcs :)

Ada yang minat ?
Untuk fast respon, more info, and for order :
SMS/WA : 087832010137
BBM : 2AB1BC3E
FP : lilacs_store 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...